Selasa, 24 Februari 2015

Busana Indonesia di New York

Share it Please
Indonesia Negara Pertama yang Pamerkan Busana Muslim di Couture Fashion WeekJakarta - Dian Pelangi, Zaskia Sungkar, dan Barli Asmara sukses mengharumkan nama Indonesia lewat aksi mereka di ajang fashion bergengsi dunia, Couture Fashion Week (CFW), New York. Mereka memamerkan karya berupa busana muslim yang dirancang dari kain Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia.
Dwitra, ketua event organiser (EO) dari Brama International LCC, EO yang menjadi kendaraan ketiga desainer menuju CFW, mengatakan ini pertama kalinya rangkaian busana muslim dipamerkan di perhelatan tahunan tersebut. Sebelumnya, tidak pernah ada satu pun desainer yang menampilkan rangkaian koleksi hijab.
"Ini pertamakalinya ada busana muslim di Couture Fashion Week. Biasanya kan busananya terbuka semua, tapi ini prosesnya nggak gampang, butuh satu tahun lebih untuk akhirnya bisa tampil di sini," tutur Dwitra ketika berbincang dengan Wolipop di The Crown Plaza Times Square, Manhattan, New York, Amerika, Sabtu (14/2/2015). 
Wanita asal Indonesia yang kini menetap di Amerika itu mengatakan proses menuju CFW cukup panjang karena butuh perizinan dan mencari sponsor. Selain itu, mereka juga butuh waktu untuk meyakinkan penyelenggara CFW agar bisa menerima busana muslim. Bahkan Dwitra mengatakan kalau awalnya ia sempat ditolak.
"Aku menjelaskan dengan membawakan foto-foto rancangan desainer Indonesia. Aku juga menjelaskan kalau ini modest wear jadi tidak hanya bisa dipakai untuk muslim. Lalu kita diskusi bolak-balik sampai akhirnya mereka setuju, itu butuh proses yang lama ya," tambah wanita yang sudah dua tahun mendirikan Brama International LCC itu.
Dwitra mulai mengajukan permintaan agar bisa menampilkan busana muslim di CFW pada awal 2013. Kemudian mereka melakukan negosiasi yang akan meyakinkan pihak CFW. Permintaan tersebut baru disetujui akhir September 2014. 
Perjuangan Dwitra tak hanya sampai batas disetujui tampil di CFW tapi juga meminta dukungan ke Kementerian Pariwisata Indonesia. Selain perjuangan yang dilakukan oleh tim EO, tiga desainer pun memiliki banyak peran yang membuat acara semakin sukses.
Barli, Dian, dan Zaskia rela bolak-balik Lombok untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Dengan usaha mereka juga, acara ini bisa mendapatkan sponsor dari Wardah Cosmetics dan Oppo. Selain itu adapun dukungan dari Gubernur Lombok, NTB, H.M. Zainul Majdi, Kementrian Luar Negeri, hingga Presiden Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

koleksi terbaru 2015

koleksi terbaru 2015

fashion runway paris 2014

fashion runway paris 2014

Follow The Author